Alhijaz travelku online
0821-4057-1211
Indonesia adalah negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Tidak heran, jika kuota haji dan umrah setiap tahunnya, Indonesia selalu diberikan jatah keberangkatan paling banyak di antara negara-negara lainnya. Untuk perjalanan umrah sendiri, di Indonesia telah banyak agen travel umrah terpercaya yang siap memfasilitasi ritual ibadah Anda di Tanah Suci Mekah. Agar lebih praktis, kini Anda bisa mencari travel umrah secara online.

Internet menjadi salah satu media terpopuler yang sangat mudah untuk diakses. Media terpopuler yang satu ini, kini dimanfaatkan oleh sejumlah agen travel umrah untuk menawarkan jasanya. Akan tetapi, tidak semua agen travel umrah yang ada di internet aman dan terpercaya. Seperti halnya beberapa kasus travel umrah abal-abal yang ditemukan pihak keamanan beberapa waktu lalu, rata-rata mereka mengandalkan internet sebagai media promosinya.

Nah, berdasarkan kejadian tersebut, kami sarankan Anda harus benar-benar cerdas memilih agen travel umrah di internet. Sebagai solusi terbaiknya, kami akan berikan informasi mengenai tips mencari travel umrah secara online berikut ini:

1. Telah Terdaftar Secara Resmi di Kemenag RI

Hal yang pertama kali harus Anda cermati adalah statusnya, apakah agen travel umrah tersebut resmi dan terdaftar di Kemenag RI serta diakui oleh Pemerintah Haji Arab Saudi atau tidak. Cara mengeceknya, Anda bisa menanyakan langsung ke kantor Kemenag RI atau kunjungi saja website resmi Kemenag RI di https://haji.kemenag.go.id/v3/basisdata/daftar-ppiu.

2. Memiliki Website Resmi

Sebagai agen travel umrah yang memiliki reputasi baik serta mengantongi izin resmi dari Kemenag RI, maka agen travel umrah tersebut pasti memiliki website sendiri. Anda harus mengecek kebenaran dan keamanan website tersebut, apakah resmi atau tidak.

Meskipun agen travel umrah tersebut memiliki website resmi, tetapi tidak dianjurkan terburu-buru dan gampang percaya begitu saja. Mengapa? Karena banyak sekali faktor-faktor lain yang harus dipastikan kebenarannya, minimal sesuai dengan apa yang diinformasikan di situs resmi Kemenag RI. Dengan begitu, dapat dipastikan agen travel umrah tersebut aman.

3. Penawaran Harga Paket Umrah Sewajarnya

Kementrian Agama Republik Indonesia telah menetapkan harga standar umrah, yaitu Rp20 juta. Ketentuan harga standar umrah tersebut sudah dihitung kalkulasinya dengan sangat cermat. Harga standar tersebut juga sudah memenuhi persyaratan akan kebutuhan calon jamaah umrah pada beberapa fasilitas dan kenyamanan yang diterimanya selama menjalankan ibadah umrah di Tanah Suci Mekah.

Dengan demikian, jika Anda menemukan agen travel umrah di internet yang menawarkan harga perjalanan umrah dibawah harga standar yang telah ditetapkan oleh Kemenag RI, maka patut dicurigai. Apalagi jika agen travel umrah tersebut menawarkan fasilitas super mewah dengan harga murah, dapat dipastikan itu adalah agen travel umrah abal-abal.

4. Memiliki Kantor Resmi Sendiri

Meskipun agen travel umrah yang Anda temukan di internet memiliki website resmi, bukan berati ia tidak memiliki kantor resmi. Tetap saja agen travel umrah tersebut harus sesuai dengan informasi data dan alamat yang tercantum di website-nya. Untuk menghindari penipuan, Anda harus meninjau kantor resminya sesuai dengan alamat yang dicantumkan di website.

5. Pembayara Bertahap

Salah satu cara mencari travel umrah secara online yang dapat dipercaya adalah melihat dari proses pembayarannya. Travel umrah yang telah resmi terdaftar di Kemenag RI, biasanya menerapkan proses pembayaran secara bertahap. Jadi, jika Anda menemukan travel umrah yang menerapkan proses pembayaran sekaligus maupun meminta uang muka dengan jumlah yang besar, maka harus diwaspadai.

6. Waktu Keberangkatan Jelas
Salah satu ciri agen travel umrah bodong, yaitu tidak dapat memastikan jadwal keberangkatannya. Adapun sudah dapat dipastikan dan terjadi pengunduran waktu keberangkatan, maka pihak travel yang harus selalu update informasi pada calon jamaah umrah. Bukan jamaahnya sendiri yang sibuk mencari tahu kapan jadwal keberangkatannya.

7. Jangan Tergiur dengan Brand Ambassador dari Travel Umrah yang Anda Pilih

Salah satu cara yang selalu dilakukan agen travel untuk menarik calon jamaah umrah, yaitu dengan manampilkan brend ambassador. Tidak tanggung-tanggung, pihak travel umrah akan mengambil brend ambassador dari kalangan ustad ternama maupun sejumlah artis terkenal di tanah air.

Jangan menilai dari poin terakhir ini untuk menemukan agen travel umrah terpercaya dan aman. Meskipun Anda menemukan hal yang serupa, yang paling penting agen travel umrah yang Anda pilih tersebut telah terdaftar secara resmi di Kemenag RI. Itu sudah pasti aman.

Demikian tips mencari travel umrah secara online yang aman dan dapat dipercaya. Silahkan kunjungi situs Kemenag RI untuk menemukan daftar travel umrah resmi dan berbagai informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat!