0821-4057-1211
Sebelum berangkat umroh, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Diantaranya yaitu persiapan fisik dan rohani. Ada beberapa tips tentang persiapan sebelum umroh yang harus Anda cermati, diantaranya sebagai berikut:

A. Persiapan Fisik

1.    Perhatikan Kesehatan

Menjelang keberangkatan umroh, ada baiknya Anda selalu memperhatikan kesehatan badan. Jika terasa muncul gangguan kesehatan pada riwayat penyakit Anda, sebaiknya segera konsultasikan kepada dokter spesialis.
Untuk menjaga kesehatan agar tetap stabil, usahakan untuk tidak beraktivitas diluar batas kemampuan yang sekiranya sangat melelahkan.

2.    Jaga Asupan Makanan

Persiapan sebelum umroh selanjutnya yaitu menjaga asupan makanan. Alangkah baiknya selalu menjaga asupan makanan dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi.
Usahakan bisa menghindari makanan yang sifatnya mengganggu kesehatan Anda, seperti makanan pedas dan asam. Apalagi Anda memiliki riwayat penyakit peradangan usus.

3.    Rutin Olahraga

Biasakan rutin berolahraga minimal sehari satu kali meskipun hanya berjalan kaki saja. Hal tersebut bertujuan agar kebiasaan berjalan kaki bisa diimplementasikan saat berada di kota seci Mekah. Pasalnya, saat ibadah umroh berlangsung, Anda dituntut kuat berjalan kaki hingga kisaran puluhan kilometer.

4.    Persiapkan Beberapa Pakaian yang Dibutuhkan

Selama menjalankan ibadah umroh pastinya memerlukan beberapa pakaian khusus atau lainnya. Persiapkan sedini mungkin beberapa pakaian yang sekiranya dibutuhkan saja.

5.    Persiapkan Obat-Obatan di Kotak Pribadi

Bagi yang memiliki riwayat penyakit, dianjurkan membawa perbekalan obat-obatan sendiri yang direkomendasikan oleh dokter. Jangan sampai penyakit Anda kambuh disaat ibadah umroh berlangsung.

6.    Persiapan Beberapa Dokumen Penting

Seperti halnya Paspor, Tiket dan Visa umroh. Semua dokumen tersebut harus dipastikan statusnya yaitu di cek langsung ke pihak travel maupun ke PPUI.


B. Persiapan Ruhani

1.    Niat

Untuk kesempurnaan ibadah umroh dihadapan Allah SWT. Luruskan niat Anda terlebih dahulu, semata-mata mengharap ridho Allah SWT.

2.    Taubat

Minta maaflah kepada kerabat terdekat Anda terlebih dahulu sebelum berangkat umroh, mulai dari ibu, ayah, istri/suami, anak dan tetangga.

3.    Manasik

Wajib mengikuti manasik umroh yang diselenggarakan oleh pihak travel, karena di dalamnya meliputi ilmu-ilmu tentang tata cara umroh sesuai tuntunan yang diharuskan.
Demikian persiapan sebelum umroh yang harus Anda cermati agar saat menjalankannya semakin nyaman dan khusu. Yang paling penting adalah memilih biro umroh Alhijaz sebagai travel umroh terpercaya dan memiliki ijin resmi dari Kemenag.